Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

3 Dampak Buruk Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong

Rabu, 02 September 2020 | 8:59:00 AM WIB Last Updated 2020-09-02T00:59:02Z


Minum kopi dalam perut kosong bukan lah ide yang baik (Foto: thinkstock)

Koranelektronikcom, Jakarta - Bagi pencinta kopi, nikmatnya minum kopi di pagi hari memang tak terbantahkan. Kopi biasanya diminum di pagi hari sebelum beraktivitas, karena dipercaya bisa menghilangkan rasa ngantuk dan meningkatkan konsentrasi.

Tidak sedikit orang langsung minum kopi ketika perut kosong. Namun, kebiasaan tersebut tak dianjurkan karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut ini 3 dampak buruk mengkonsumsi kopi di pagi hari saat perut kosong, seperti yang dikutip dari Healthyway :

1. Gangguan pencernaan 

Asam klorida di lambung sangat diperlukan oleh tubuh mencerna makanan yang dikonsumsi. Namun, produksi asam klorida berlebihan saat mengkonsumsi kopi dalam kondisi perut kosong bisa membuat pencernaan menjadi terganggu sehingga akan bolak balik ke kamar mandi. Selain itu, bakteri jahat di dalam usus akan memakan protein dan mengeluarkan kentut yang berbau busuk.

2. Menghilangkan nutrisi

Studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Yokohama di Jepang menemukan jika kopi bisa menggosongkan lambung dengan cara mengeluarkan  makanan yang dikonsumsi oleh tubuh. Dengan demikian, minum kopi saat perut kosong akan menyerap vitamin dan mineral dalam tubuh sehingga memungkinkan tubuh kekurangan nutrisi.

3. Kecemasan dan depresi

Kopi dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi. Namun, kopi juga bisa meningkatkan kecemasan dan depresi. Hal ini disebabkan mengkonsumsi kopi bisa meningkatkan kadar hormon stres, seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Kondisi ini akan mengganggu produksi hormon serotonin yang bisa meningkatkan kebahagiaan dalam diri.
×
Berita Terbaru Update