Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

3 Penyebab Hilangnya Nafsu Makan pada Pagi Hari

Senin, 14 September 2020 | 11:18:00 AM WIB Last Updated 2020-09-14T03:18:57Z


Ilustrasi. (Foto: iStock)

Koranelektronik.com - Sebelum melakukan aktivitas, sarapan di pagi hari harus dilakukan. Hal ini disebabkan sarapan dapat memberi energi pada tubuh untuk melakukan aktivitas.

Namun, sebagian orang merasa tidak sarapan dengan alasan tak merasa lapar dan kehilangan nafsu makan. Kira-kira, apa ya penyebabnya ?

Berikut ini 3 alasan hilangnya nafsu makan di pagi hari, seperti dikutip dari berbagai sumber :

1. Terlalu banyak makan sebelum tidur

Beberapa orang beranggapan perut kenyang membantu agar lebih cepat tidur. Namun, para ahli menjelaskan makan berat sebelum tidur justru menggangu tidur.

Selain itu, saat terlalu banyak makan di malam hari, lambung masih mencerna makanan saat bangun tidur. Akibatnya, perut belum mengirim sinyal rasa lapar di pagi hari.

"Tubuh Anda baru saja menyelesaikan proses pencernaan, sehingga tanda lapar Anda belum terjadi," kata seorang ahli diet Lisa Hayim, dikutip dari Elitedaily.

2. Pengaruh hormon

Hormon sangat berkaitan dengan nafsu makan dan mual di pagi hari. Ahli gizi Bridget Bennet mengatakan jika sebelum bangun tidur, tubuh mengeluarkan beberapa hormon. Lonjakan hormon ini menjadi salah satu penyebab mual di pagi hari dan membuat tak nafsu makan.

3. Tubuh telah beradaptasi

Tubuh akan selalu beradaptasi dengan kebiasaan. Salah satunya yakni tak melakukan sarapan. Seseorang yang terbiasa tak sarapan cenderung akan selalu merasa kenyang di pagi hari.

Kebiasaan melewatkan sarapan bukanlah hal yang sehat untuk tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi sedikit makanan seperti roti.
×
Berita Terbaru Update