Iklan

Iklan

3 Tips Belajar yang Efektif

Senin, 07 September 2020 | 12:00:00 PM WIB Last Updated 2020-09-07T04:00:30Z
Ilustrasi Belajar (Foto: Google)


Koranelektronik.com - Belajar memang nyaris diasosiasikan dengan hal-hal yang serba negative, seperti membosankan, menyusahkan, dan lain sebagainya. Nah, buat kamu yang kesulitan dalam belajar, berikut tips sederhana untuk membantu proses belajar mu dilansir dari akupintar.com.

1  1. Tentukan Gaya Belajarmu

Siapa bilang belajar mesti duduk manis di meja belajar? Kamu bisa belajar sambil duduk santai di ayunan halaman belakang rumah dengan ditemani segelas minuman dingin kesukaanmu.

Kamu juga bisa jogging sambil mendengarkan rekaman penjelasan guru di kelas kemarin atau rekaman suara kamu membaca catatan tadi malam. Namun, jika dengan duduk manis di meja belajar dapat membuat kamu lebih focus, maka lakukanlah. Temukan gaya belajar mu sendiri!

2Buat Catatanmu Sendiri

Catatan pelajaran ini juga mesti sesuai dengan gaya belajarmu. Kalau kamu cenderung suka sama hal-hal yang menarik mata, bikin catetan yang penuh dengan warna atau tambahkan gambar dan emoticon lucu yang mengilustrasikan tema suatu pelajaran. Kamu juga bisa membuat catatan-catatan kecil agar tak jenuh saat membaca.

Jika kamu lebih mudah mengingat suatu pelajaran dengan mendengar, maka buatlah voice recorder, kamu dapat mendengarkan rekaman tersebut berulang-ulang.

3. Konsisten Dalam Belajar

Belajar tak membutuhkan waktu yang lama, cukup meluangkan waktu 15 menit sampai dengan batas kesanggupan focus kamu. Belajarlah setiap hari dengan kurun waktu yang kamu bisa. Jika kamu konsisten dalam belajar, maka kamu dapat melihat hasilnya.

Dan yang paling penting adalah jangan berkeyakinan bahwa belajar itu membosankan atau beban hidup. Kalau kamu sudah negative duluan, maka kamu akan kesulitan dalam menikmati proses belajar. Jadi, asikin aja!

(MRD/KE)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 3 Tips Belajar yang Efektif

Trending Now

Iklan