Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

4 Pantangan Ketika Sarapan Agar Terhindar dari Perut Mulas

Kamis, 17 September 2020 | 9:51:00 AM WIB Last Updated 2020-09-17T01:51:32Z


Hati-hati memilih penuh sarapan agar tak mulas. (Foto: thinkstock)

Koranelektronik.com - Sarapan merupakan hal yang penting untuk menjaga metabolisme. Namun, tak jarang gangguan pencernaan terjadi disebabkan salah makan saat sarapan.

Ada banyak penyebab perut mulas di pagi hari. Mulai dari kondisi kesehatan, porsi makan, hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Jika hal tersebut sering terjadi, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Tetapi jika hanya sesekali, cobalah amati pilihan menu sarapan yang disantap.

Berikut ini beberapa menu makan yang sering memicu perut mulas :

1. Makanan tinggi serat

Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat memang akan memberi rasa kenyang lama sehingga menghindari makan berlebihan di siang hari. Namun, mengkonsumsi makanan tinggi serat sebagai menu sarapan perlu diwaspadai.

"Konsumsi banyak serat saat tubuh tidak terbiasa bisa menimbulkan usus tidak nyaman. Jika ingin menambahkan serat pada asupan harian, pastikan untuk minum lebih banyak air saat mengkonsumsi serat," kata ahli diet Amanda Sauceda, dikutip dari LiveStrong.

2. Jus buah

Jus buah merupakan sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tapi menurut Sauceda, mengkonsumsi jus pada pagi hari akan menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. Hal itu karena saat membuat jus, serat-serat hilang sehingga hanya mengkonsumsi gula yang membuat usus sakit.

3. Kopi

Minum kopi di pagi hari ketika perut kosong bukanlah ide yang baik. Dikarenakan, mengkonsumsi kopi saat perut kosong akan mengakibatkan tingkat keasaman yang lebih tinggi yang menyebabkan gangguan pencernaan dan mulas sepanjang hari.

4. Makanan pedas

Mengkonsumsi makanan yang pedas di pagi hari bisa mengakibatkan peningkatan produksi asam di lambung sehingga mengganggu masalah pencernaan. Hal ini disebabkan adanya capsaicin (senyawa pedas dari cabai) pada makanan pedas.
×
Berita Terbaru Update