Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

5 Penyakit Hati Dalam Islam

Sabtu, 05 September 2020 | 11:58:00 AM WIB Last Updated 2020-09-05T03:58:25Z


Ilustrasi penyakit hati (Foto : Google)
Koranelektronik.com, Hati merupakan tempat lahirnya perasaan manusia, hati juga berperan menentukan sifat baik dan buruknya manusia. Menjaga kesucian dan kebersihan hati sangatlah penting berdasarkan sabda Rasulullah SAW.

Berikut ini ada 5 penyakit hati dalam islam :

1. Sombong

Menghargai diri secara berlebihan

Kemudian kepada mereka dikatakan. Masuklah kamu ke dalam neraka melalui pintu-pintunya, sesuai dengan keadaan perbuatan jahat yang telah kamu lakukan. Tetaplah kamu di dalam jahanam itu dan itulah tempat yang layak bagi orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Allah dan menyombongkan diri kepada-Nya. al-mu'min : 76.


2. Hasad Dengki

Tidak suka melihat seseorang mendapatkan lebih kebahagiaan dan mengharap kebahagiaan itu hilang dan berpindah kepadanya.

"Waspadalah terhadap hasad (iri dan dengki), sesungguhnya hasad  mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu." (Hadis Riwayat Abu Dawud)



3. Ujub

Merasakan dirinya lebih mulia dan merendahkan orang lain karena merasa lebih sempurna.

"Tiga perkara yang membinasakan; kebakhilan yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan takjubnya sesorang terhadap dirinya sendiri." (HR. at-Thabraniy di dalam al-Mu'jam Al-Kabiir)

4. Riya 

Melakukan ibadah dengan niat inginkan pujian manusia dan bukan karena Alla Swt.

Nabi saw bersabda : Sesungguhnya yang paling ditakuti dari apa yang aku takuti menimpa kalian adalah syirik kecil. Mereka bertanya : apa syirik kecil itu wahai Rasulullah? Beliau menjawab : Riya, (HR : Ahmad. Dari Mahmud Ibnu Labid)


5. Kikir

Sifat ini menyebabkan seseorang merasa kekurangan dan takut akan kehabisan harta, sehingga tidak mau memberikan sedikit hartanya kepada orang yang membutuhkan.

"(Yaitu) orang-orang yang kikir dan menyuruh orang lain berbuat kikir dan menyembunyikan nikmat Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Dan kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir azab yang menghinakan. (An-nisa' : 37)
×
Berita Terbaru Update