Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

8 Makna Dari Masing-Masing Barang Seserahan Saat Lamaran dan Pernikahan

Senin, 14 September 2020 | 2:20:00 PM WIB Last Updated 2020-09-14T06:53:34Z


Inspirasi seserahan pernikahan (Foto : @rosewhite)

Koranelektronik.com, Seserahan dalam lamaran dan pernikahan adalah simbol kesanggupan laki-laki untuk mencukupi kehidupan perempuan yang akan dipinangnya. Pada umumnya jumlah dari seserahan pernikahan dan barang apa saja nantinya yang akan diberikan dalam seserahan pernikahan merupakan hasil kesepakatan dari kedua calon pengantin.

Namun, sejatinya berbagai barang hantaran pernikahan itu memiliki sebuah makna. Apa saja makna tersebut?

1. Alquran dan Seperangkat Alat Salat



Bagi pasangan muslim, benda ini masuk daftar wajib dalam seserahan. Hantaran yang berisi Al-Qur'an, mukena, sajadah, dan tasbih ini melambangkan pernikahan yang dilakukan harus bertumpu pada nilai agama.

2. Set Perhiasan



Hantaran berisi set perhiasaan ini bermakna agar perempuan sebagai calon istri bersinar dan berkilau sepanjang hidupnya. Bagi para laki-laki, perhiasan diusahakan terbuat dari emas jika mampu.

3. Setelan Pakaian



Ada berbagai macam jenis setelan yang bisa dikasih pihak laki-laki ke perempuan, seperti pakaian kerja, pakaian tidur, bahkan pakaian dalam. Simbol dibalik seserahan ini adalah harapan agar rahasia rumah tangga pasangan dapat tersimpan dengan baik.

4. Makeup dan Skincare



Seserahan lamaran dan pernikahan yang satu ini pasti sangat disukai perempuan. Benda-benda ini juga menyimpan doa yang baik. Makeup dan skincare, baik untuk wajah maupun tubuh, dimaksudkan  agar perempuan dapat menjaga penampilan dan senantiasa tampil cantik di depan pasangannya.

5. Hantaran Sepatu atau Sendal



Makna seserahan pernikahan memberikan sepatu atau sendal adalah supaya kedua calon mempelai selalu berjalan beriringan dalam mengarungi kehidupan rumah tangga. Biasanya seserahannya yang satu ini selalu dibarengi dengan tas yang bermakna calon suami mampu menafkahi segala keperluan pasangannya.

6. Makanan Tradisional

Kuliner yang dipilih sebagai seserahan biasanya memiliki tekstur basah dan lengket, seperti kue lapis, lemper, jenang, dan sebagainya. Membawa kue ini sebagai seserahan diyakini sebagai harapan agar kedua mempelai selalu lengket sampai akhir hayat, serta silaturahmi antara kedua keluarga berlangsung dengan baik selamanya.

7. Buah-buahan



Seserahan buah biasanya diisi dengan jeruk, pisang, apel, dan anggur. Makanan alam penuh gizi ini melambangkan harapan pada pasangan yang akan menikah nantinya dapat menghasilkan buah berlimpah bagi orang-orang disekitarnya.

8. Set Cincin Pernikahan



Seserahan yang satu ini adalah wujud doa pengikat kedua pasangan agar selalu hidup bersama sampai maut memisahkan.

×
Berita Terbaru Update