Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Andi Harun-Rusmadi Wongso Bapaslon Pilwakot Pertama yang Mendaftar di KPU Samarinda

Jumat, 04 September 2020 | 9:09:00 PM WIB Last Updated 2020-09-04T13:34:43Z


Foto: Penyerahan berkas pendaftaran sebagai Bapaslon Pilwakot Samarinda, Andi Harun dan Rusmadi Wongso

Koranelektronik.com, Samarinda -  Bakal Pasangan Calon Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dr. H. Andi Harun dan Ir. H. Rusmadi Wongso mendaftar di KPU Kota Samarinda pada Jumat siang (04/09/2020) sekitar pukul 14.40 WITA.

Kedatangan bapaslon Andi Harun dan Rusmadi Wongso diikuti oleh rombongan yang berasal dari partai pengusung dan non parlemen serta relawan dengan jumlah terbatas.

Sebelum memasuki area Kantor KPU Kota Samarinda bapaslon dan rombongan wajib melalui protokol kesehatan Covid-19 antara lain memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak.

Selanjutnya bapaslon mengisi buku tamu dan kemudian duduk di tempat yang sudah disediakan dibawah tenda.

Komisioner KPU bersama Komisiner Bawaslu menyambut kedatangan bakal paslon Andi Harun dan Rusmadi Wongso dan rombongan sebagai paslon yang terlebih dulu mendaftar.
Foto: Perkenalan Bapaslon Pilwakot Andi Harun-Rusmadi Wongso di depan Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu
Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat mengatakan menyambut baik bapaslon dan mengatakan bahwa sesuai dengan tahapan, KPU Samarinda menerima pendaftaran mulai tanggal 4 hingga 6 bakal pasangan calon untuk Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

Dilanjutkannya, hari ini adalah hari pertama dari bakal paslon Andi Harun dan Rusmadi Wongso yang sudah menjadwalkan terlebih dahulu dan kami harus menerima. Pelaksanaan Pendaftaran bakal  paslon pilwalkot ini harus sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

"Kami mohon maaf bila dalam pelayanan kami sangat membatasi orang, karena kami sudah mendapat penekanan dari KPU Provinsi dan KPU RI untuk tetap menjaga protokol Covid-19," ungkap Firman kepada reporter media Koranelektronik.com.

Untuk skema penerimaan berkas pendaftaran dijelaskan oleh Firman yakni :
  1. Berkas terbungkus plastik yang akan diserahkan ke KPU Kota Samarinda harus steriliasi dulu di meja transit.
  2.  Setelah steril, maka pihak KPU baru akan mengambil berkas tersebut.
  3.  Pemeriksaan berkas dilakukan di dalam ruangan KPU dengan jumlah terbatas.

"Karena ruangan terbatas maka kami membatasi hanya bakal paalon dan ketua partai saja yang ikut dalam. Proses pendaftaran sesuai dengan rekomensasi DKK dan Gugus Tugas karena itu dibatasi sebanyak 30 orang," jelasnya.

Sementara itu, Paslon Andi Harun dan Rusmadi Wongso mengatakan bahwa hari ini mereka secara resmi melakukan pendaftaran bersama ketua dan sekretaris partai pengusung, pendukung non parlemen. Adapun partai pengusung antara lain dari Partai PDI Perjuagan, Gerindra, PKS, Nasdem, PKB, PPP dan Hanura serta partai pendukung PSI, Bulan Bintang, PKPI, Partai Berkarya dan lainnya.
Foto: Salam kompak Bapaslon
Setelah berkas yang diberikan diperiksa, maka bakal pasangan calon  Andi Harun dan Rusmadi Wongso dinyatakan memenuhi syarat sebagai paslon Pilwalkot  Kota Samarinda.

"Setelah diperiksa dan disaksikan juga oleh bawaslu maka persyaratan pencalonan dan persyaratan sebagai calon, dua-duanya Alhamdulillah memenuhi syarat, cocok dan sah. Tinggal diinput di aplikasi pencalonan oleh KPU," tutupnya.

Penulis : Yohannes Benny H.L
Editor.   : Santi Dwi Lestari

×
Berita Terbaru Update