Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Apakah Efek Samping Vaksin Corona Berbahaya? Ini Penjelasan Satgas Covid-19

Selasa, 01 September 2020 | 2:52:00 PM WIB Last Updated 2020-09-01T06:53:52Z


Bagaimana dengan efek samping dari vaksin Covid-19? (Foto: ANTARA PHOTO)

Koranelektronik.com, Jakarta - Vaksin virus Corona (COVID-19) sebentar lagi sudah bisa diproduksi. Saat ini sejumlah kandidat vaksin tersebut sedang dalam tahap uji klinis fase 3, yang dilakukan diberbagai negara termasuk Indonesia.

Namun, bagaimana dengan risiko efek sampingnya ?

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan kemungkinan adanya efek samping pada vaksin akan sangat kecil terjadi.. Ini disebabkan saat diproduksi nanti vaksin Corona telah melawati berbagai macam uji klinis, sehingga sudah terjamin tingkat keamannya.

"Jadi jika ujinya dilakukan dengan baik, diamati dengan baik, maka potensi untuk memilik efek samping itu menjadi sangat minim. Bisa saja kalau risiko itu untuk adanya efek samping itu bisa saja ada, tetapi biasanya sangat kecil," ujar Wiku dalam video yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/9/2020).

Wiku juga mengatakan efek positif yang dihasilkan dari vaksin Corona akan jauh lebih banyak dibandingkan risiko timbulnya efek samping. Oleh karena itu, jangan takut untuk melakukan vaksinasi agar terhindar dari risiko infeksi virus Corona.

"Efek positifnya dari vaksinasi itu jauh lebih besar daripada potensi efek samping, karena efek samping selalu diamati dalam uji klinis dan selalu diamankan dari uji tersebut," pungkasnya.
×
Berita Terbaru Update