Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Ditemukan Bungkusan Tas Berisi Bayi yang Baru Lahir di Pinggir Jalan Kudus

Senin, 07 September 2020 | 1:00:00 PM WIB Last Updated 2020-09-07T05:04:32Z


Penemuan bayi di jalan Lingkar Urara, Kudus (Foto: Dian Utoro Aji/detik.com)
Koranelektronik.com, Kudus - Bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan di pinggir jalan Lingkar Utara Desa Mijen, Kaliwungu, Kudus, Jateng. Pada saat ditemukan, bayi masih terdapat tali pusar.

"Bayi itu pertama kali ditemukan oleh warga yang sedang jalan-jalan, kemudian melihat ada bungkusam tas di depan warung pinggir jalan Lingkar Utara Kudus, saat dibuka ternyata isinya bayi. Penemuan pagi tadi sekitar pukul 05.45 WIB," kata Kadus Madaran, Desa Mijen, Kaliwungu, Kudus, Muhammad kepada wartawan, Senin (7/9/2020).

Dia mengatakan, bayi itu ditemukan di dalam tas berwarna hitam, di dalamnya ada dua lembar kain seperti selendang. Kondisi bayi saat ditemukan sudah berwarna biru.

"Kondisi bayi sudah membiru tidak bisa menangis, lalu saya bawa ke puskesmas dan bisa menangis di sana (puskesmas)," ujarnya.

Kanit Reskrim Polsek Kaliwungu, Kudus, Ipda Supadi mengatakan penemuan bayi berjenis kelamin perempuan tersebut pertama kali ditemukan oleh warga di pinggir jalan Lingkar Utara Kudus.  Ia juga mengakan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penemuan bayi tersebut.

"Pertama (ditemukan) warga, akhirnya warga menyampaikan kepada pihak perangkat desa dan perangkat desa membawa ke Puskesmas. Lalu, langsung melaporkan kepada Polsek Kaliwungu," kata Supadi saat ditemui di Mapolsek Kaliwungu.

"Terus, untuk sementara masih kita lakukan penyelidikan. Bayi jenis kelamin perempuan, pada saat temukan kondisinya mengering dan kritis namun setelah dibawa ke Puskesmas kondisinya sudah membaik," lanjutnya.

Barang bukti yang diamankan berupa tas pembungkus bayi dan kain lurik. sedangkan sejumlah saksi sudah diperiksa.

"Barang hanya tas, jadi di dalam tas itu dibungkus kain lurik. Sementara pemilik warung, perangkat desa, sama yang menemukan, sudah kita mintai keterangan. saat ini masih lidik (penyelidikan)," ujar Supadi.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kaliwungu, Yuskal Yusrizal mengatakan saat ini bayi sudah mendapatkan perawatan. Bayi tersebut memiliki berat 2,1 kg dengan panjang 50 cm. Ia juga mengatakan, saat ini bayi dalam kondisi stabil.

"Bayi itu masih ada tali pusarnya, sedangkan plasenta sudah lepas. Kita lakukan penanganan segera, kita lakukan pemotongan tali pusar," kata Yuskal saat ditemui wartawan di Puskesmas Kaliwungu Kudus.

"Rentang penemuan dengan kelahiran antara 3 jam. Kondisinya stabil. Saat ini kita taruh di dalam tabung penghangat bayi, kita berikan susu, kita observasi terus," lanjutnya.

(MRD/KE)


×
Berita Terbaru Update