Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Hotel Jadi Solusi Jika Kekurangan Tempat Karantina Pasien Covid-19 di Kaltim

Sabtu, 19 September 2020 | 6:49:00 AM WIB Last Updated 2020-09-18T23:00:07Z


 

Koranelektronik.com, Samarinda - Kekhawatiran akan kekurangan tempat karantina bagi pasien positif Covid-19, Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau agar hotel bintang dua dan tiga menjadi tempat karantina, seperti yang disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak saat konfrerensi press secara online, Jumat Sore (18/09/2020).

 

Langkah ini diambil sebagai antisipasi meningkatnya kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19, apalagi dalam waktu dekat akan dilaksanakannya Pilkada serentak, termasuk di Kalimantan Timur yang akan melakukan Pilkada di 9 kabupaten atau kota.

 

“Bagi para konstestan yang ikut, harus mentaati peraturan dan himbauan dari Komisi Pemilihan Umum, serta disiplin dalam mengikuti aturan protokol kesehatan covid-19 dengan ketat,” ucap Ishak.

 

Ishak juga menambahkan pemerintah berupaya menambah tempat karantina, seiring terus meningkatnya kasus Covid-19, serta adanya penambahan kluster, yakni munculnya kluster keluarga. Hal ini disebabkan kurang disiplinnya pasien melakukan isolasi mandiri dirumah, oleh karenanya perlu dievaluasi kembali pelaksanaan isolasi mandiri tersebut.

 

Per tanggal 18 September 2020 berdasarkan data Dinkes Provinsi Kalimantan Timur, kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 6.605 kasus, sembuh 4.302 kasus, meninggal 262 kasus, sedangkan yang masih dirawat sebanyak 2.041 kasus.  

 

Semakin meningkat dan meluasnya penyebaran Covid-19 di Kaltim, semoga hotel-hotel mau dan bersedia dijadikan tempat karantina, sesuai arahan Pemerintah Pusat.

 

“Silahkan untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti BPBD dan Dinas Kesehatan, serta organisasi perhotelan. Ini akan membantu daerah-daerah yang kesulitan tempat karantina, dan bagi hotel yang terdampak pandemi Covid-19, ini jadi peluang yang bisa dimanfaatkan,” tegasnya.

 

Penulis : Fajrien

Editor : Santi Dwi Lestari

×
Berita Terbaru Update