Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Kapal ini Ditemukan Utuh Setelah Karam 400 Tahun Lalu

Senin, 14 September 2020 | 10:14:00 PM WIB Last Updated 2020-09-14T14:14:05Z


Tim nirlaba badewanne di lokasi penemuan kapal karam

Koranelektronik.com - Penyelam asal Finlandia menemukan hal tak terduga saat menjelajahi kedalaman Baltik. Dan mereka tak sengaja menemukan bangkai kapal berumur 400 tahun dalam kondisi yang terawat baik.


Relawan penyelam dari tim nirlaba Badewanne selama ini lebih sering menemukan kapal-kapal peninggalan abad-20 yang tenggelam selama pertempuran laut Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Jadi saat mereka menemukan kapal yang berasal dari abad ke-17, hal tersebut jadi sebuah kejutan yang besar.


Kapal yang ditemukan di Teluk Finlandia, di perairan paling timur Baltik ini berada pada kedalaman sekitar 85 meter. Tim penyelam Badewanne menyebut jika kapal tergeletak di dasar laut dalam kondisi hampir sepenuhnya utuh. Kapal hanya menunjukkan kerusakan kecil akibat pukat.


Sifat air yang dingin di perairan inilah yang membuat kapal terawat dengan baik. Bagian Baltik memiliki kombinasi level salintasi rendah, suhu dan cahaya yang memungkinkan bangkai tenggelam hampir tak berubah selama ratusan tahun.

(MALA/KE)

×
Berita Terbaru Update