Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Karena Kebiasaan Ini, Otak Tidak Bisa Berhenti Bekerja Keras

Kamis, 17 September 2020 | 6:23:00 PM WIB Last Updated 2020-09-17T10:23:05Z


Iustrasi (Foto: Google)
Korbanelektronik.com - Sebagian orang suka mendengarkan music atau lagu sebelum tidur. Bahkan beberapa orang sering kali tidur sambil mendengarkan lagu sampai terbangun kembali di ke esokkan harinya.


Beberapa orang juga merasa kesulitan tidur jika tidak mendengarkan music.


Mereka menganggap music atau lagu dengan tempo lambat bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks. Dengan begitu, mereka akan cepat mengantuk dan tertidur lelap.


Namun, sebenarnya tidur sambil mendengarkan music itu berbahaya atau enggak, ya? Yuk, kita simak fakta-faktanya disini!


Musik Membuat Kita Cepat Mengantuk


Para peneliti menemukan fakta bahwa mendengarkan music atau lagu dengan tempo lambat memang bisa membuat kita cepat mengantuk. Itu karena otak dan denyut jantung akan mengikuti tempo dan alunan lagu yang kita dengar. Akibatnya, pikiran dan tubuh kita menjadi lebih rileks dan kita akan tidur lebih cepat.


Mendengarkan music yang temponya lambat juga bisa mengatasi masalah insomnia atau kesulitan tidur. Selain itu, mendengarkan music juga bisa membuat tubuh melepaskan hormon endorphin atau hormon penghilang rasa sakit.


Saat merasa lelah atau pusing, kita bisa mendengarkan music sebelum tidur supaya rasa lelah dan sakit itu bisa segera hilang.


Membuat Otak Terus Bekerja


Meski begitu, tidur sambil mendengarkan music juga tidak baik jika dilakukan setiap hari.


Saat kita tidur, otak kita memang bekerja. Namun, otak tak bekerja keras seperti saat kita terjaga. Otak juga perlu beristirahat dari aktivitas yang dilakukan selama sehari penuh.


Jadi, jika kita memutar music atau lagu saat tidur, otak akan terus bekerja keras. Hal itu dikarenakan telinga menangkap gelombang suara yang tidak berhenti dan menyalurkannya ke otak. Akibatnya, otak akan terus memproses informasi dari telinga atau indra pendengaran kita.

 

Hal ini justru bisa membuat sebagian orang malah tidak tidur dengan nyenyak. Apalagi kalau kita mendengarkan music dengan menggunakan earphone atau headphone, telinga kita bisa bermasalah dan juga dapat membuat sirkulasi udara dari luar menuju lubang telinga akan terganggu sehingga kotoran akan semakin menumpuk di dalam telinga.


(MRD/KE)

×
Berita Terbaru Update