Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Kembangkan Objek Wisata, Dimulai Dari Kebersihan

Senin, 14 September 2020 | 5:54:00 AM WIB Last Updated 2020-09-13T21:54:26Z


Keindahan Pantai Derawan Provinsi Kalimantan Timur (doc.wartawaisata.id)

Koranelektronik.com, Samarinda- Kalimantan Timur merupakan salah satu objek wisata yang sangat menarik, tidak kalah dengan tempat wisata di Indonesia lainnya. Banyaknya tempat-tempat wisata ditambah jenis tumbuh-tumbuhan yang beraneka ragam, serta berbagai macam hewan yang ada di Kalimantan Timur, membuat Kalimantan Timur salah satu destinasi wisatawan lokal maupun dari luar.

Tidak hanya dari tempat objek wisata beserta keanekaragamannya, tetapi dari kebudayaannya juga menjadi daya tarik tersendiri, seperti festival erau yang ada di Tenggarong, tarian dan upacara adat suku Dayak, dan lainnya.

Selain sebagai pendapatan devisa negara, pengembangan disektor pariwisata ini dapat menyerap tenaga kerja, terutama untuk warga atau masyarakat di sekitar tempat wisata.

Untuk mengembangkan sektor kepariwisataan ini atau objek tempat wisata, tidak hanya dukungan dari berbagai sektor, tetapi perlu adanya kepedulian masyarakat sekitar tempat wisata akan kebersihan lingkungannya

Mengembangkan objek kepariwisataan di desa-desa atau kampung dapat menjadi daerah tujuan wisata masyarakat lokal ataupun wisatawan dari luar, perlu adanya kerja keras dari semua sektor dan terutama menjaga desa atau tempat wisata tersebut selalu bersih.

"Artinya jangan sampai keinginan membangun kepariwisataan yang indah, tetapi tidak dibarengi dengan lingkungan yang tidak bersih, kondisi jalannya juga tidak bersih, sehingga akan mengurangi nilai exotic keindahan dari objek wisata tersebut,” ucap Isran

Menurut Isran, apabila lingkungan masyarakat setempat sudah baik atau bersih, maka secara otomatis pengunjung pasti datang tanpa harus promosi berlebihan, bahkan media pun secara tidak langsung menginformasikan itu, tegasnya

Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan tempat wisata, akan  membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor kepariwisataan di Kalimantan Timur.

Penulis : Fajrien
Editor : Santi Dwi Lestari
×
Berita Terbaru Update