Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Ketahuan Ganjal ATM Milik Istri TNI, 2 Pemuda Kampar Dibekuk Polisi

Sabtu, 12 September 2020 | 9:33:00 AM WIB Last Updated 2020-09-12T01:33:24Z


Pelaku spesialis ganjal ATM di Pekanbaru [foto;Merdeka.com]

KoranElektronik.com - Dua orang pencuri uang tabungan berhasil di bekuk Polsek Tampan di Kota Pekanbaru. Dengan modus mengganjal ATM, keduanya diketahui telah melakukan aksi tersebut sebanyak 18 kali.

"Kedua pelaku yakni WAP dan HM yang merupakan warga Kabupaten Kampar. Mereka berhasil ditangkap petugas di Jalan Teropong, Kecamatan Siak Hulu," kata Kapolsek Tampan, Kompol Hotmartua Ambarita, Jumat (11/9/2020).

Ambarita mengatakan, kedua pelaku berhasil ditangkap setelah petugas mendapat laporan dari salah satu korban. Ternyata korbannya seorang istri TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin. Ia mengalami kejadian itu pada Minggu (6/9/2020) sekitar pukul 08.00 WIB.

"Saat itu korban hendak melakukan transaksi di mesin ATM Bank BRI di komplek SPBU Delima. Saat korban memasukkan kartu ATM, kenudian tersangkut dan tidak dapat dikeluarkan. Selanjutnya, korban menanyakan pada tersangka WAP yang sedang berpura-pura melakukan transaksi di lokasi yang sama," jelasnya.

Pelaku menjalankan aksinya dengan cara mengarahkan korban untuk mengikuti petunjuk secara manual, agar bisa melakukan transaksi dan mengeluarkan kartu ATM yang terganjal. Saat korban mengikuti petunjuk, pelaku mengamati dan mengintip sehingga mengetahui nomor pin ATM korban.

Setelah mengetahui nomor PIN korban, kemudian pelaku keluar untuk menunggu korban pergi meninggalkan kamar ATM. Tak lama kemudian, pelaku kembali masuk lagi untuk mengambil kartu ATM korban.

Setelah mendapatkan targetnya, kedua tersangka pergi ke Indomaret dan Alfamart di tempat lain untuk melakukan penarikan dan transfer dengan menggunakan kartu ATM korban. "Pelaku berhasil menguras tabungan korban hingga Rp16 juta," ucap Ambarita.

Beberapa saat kemudian, korban baru menyadari uang tabungannya habis dikuras. Merasa dirugikan, korban langsung melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polsek Tampan. Dari laporan itu, petugas langsung melakukan penyelidikan dengan mencari informasi lewat rekaman CCTV yang berada di mesin ATM.

"Dari rekaman CCTV itu kita mengetahui identitas para pelaku dan melakukan pengejaran. Hingga akhirnya, pelaku kita tangkap," tegasnya.

Dari pengakuan pelaku yang ditangkap pada Kamis (10/9/2020), mereka telah melakukan aksi ini sampai 18 kali dengan korban yang berbeda-beda di Kota Pekanbaru.

Berikut lokasi yang pernah disinggahi para pelaku, seperti di ATM Bank BRI Komplek SPBU depan pasar Selasa sebanyak 3 kali, ATM Bank BRI di Swalayan Jalan Cipta Karya sebanyak 3 kali, ATM Bank BRI Komplek SPBU Delima Jalan Srikandi sebanyak 3 kali, ATM Bank BRI Komplek SPBU Jalan Riau sebanyak 2 kali dan ATM Bank BRI depan kantor Satpol PP Jalan Pepaya sebanyak 3 kali.

"Jadi kedua pelaku ini merupakan kriminal spesialis pembobol pin ATM," jelas Ambarita.

Selain dua pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa 2 lembar KTP, 1 buku tabungan Bank BCA, 10 lembar kartu ATM,  1 unit sepeda motor Yamaha Mio BM 6371 TU, 1 unit sepeda motor BM 4980 FH, 1 helm merek GM, 1 celana jean warna biru, 1 kaos kemeja warna biru hitam dan 1 kaos abu-abu. [MA/KE]
×
Berita Terbaru Update