Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

KPU Samarinda Tetap Optimis Penyelenggaraan Pilkada 2020 Ditengah Pandemi Covid-19

Senin, 28 September 2020 | 6:53:00 PM WIB Last Updated 2020-09-28T12:24:57Z


Foto : Firman Hidayat Ketua KPU Kota Samarinda (doc. KPU Samarinda)


Koranelektronik.com, Samarinda - Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 menjadi sorotan, beberapa organisasi berharap pilkada tahun 2020 ditunda, karena khawatir akan adanya penambahan kasus positif dari kluster pilkada.

 

Disisi lain kepala daerah merupakan amanat rakyat yang sudah ditentukan waktunya, oleh karenanya ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara. Bahkan tidak ada seorang ahli pun yang bisa memastikan kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir.

 

Firman menyampaikan dalam konferensi pers Kamis (24/09/2020)bahwa KPU Samarinda sebagai penyelenggaran pilkada telah melaksanakan beberapa tahapan dalam pelaksanaan pilkada tahun 2020, selanjutnya para pasangan calon Walikota dan wakil Walikota tahun 2020 akan melaksanakan kampanye.

 

Terkait kekhawatiran akan adanya peningkatan jumlah golput, ini merupakan tantangan tersendiri bagi KPU Samarinda Ketika melaksanakan Pilkada ditengah Pandemi sekarang ini.

 

"Kami dari KPU tentu menggaransi semua hak pilih yang ada di Kota Samarinda sebagai syarat pemilih itu tidak akan hilang, hanya saja apakah masyarakat akan menggunakan hak pilihnya itu yang jadi masalah,” ucap Ketua KPU Samarinda.

 

Lanjut Firman, bahwa KPU Samarinda sangat optimis karena tiga pasangan calon yang ada saat ini masing-masing memiliki konsekuen pendukung dan juga simpatisan terutama dari partai politik untuk mengerahkan datang ke TPS, selanjutnya tugas kami adalah menyiapkan atau mendirikan TPS yang sesuai dengan protokol Kesehatan, seperti menyiapkan handsanitizer di TPS, serta membekali petugas dengan alat pelindung face shield, sarung tangan.

 

"Kami juga bisa memastikan para petugas tidak akan berpotensi untuk menularkan, karena kami akan melakukan  pemeriksaan terlebih dahulu terhadap petugas kami seluruhnya,” tegas Firman.

 

Kami berharap kepada partai politik dan juga pasangan calon untuk juga mensosialisasikan, sehingga mereka berani dan bisa datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya dengan selamat.             

 

Penulis : Fajrien                                  

×
Berita Terbaru Update