Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Masalah Longsor di Mangkupalas, Perlu Sinergi Antar Semua Elemen

Selasa, 15 September 2020 | 7:41:00 PM WIB Last Updated 2020-09-15T11:49:39Z


Foto : Rapat koordinasi Pemkot Samarinda dengan instansi pemerintah propinsi beserta beberapa perusahaan di kantor kecamatan Palaran
Koranelektronik, Samarinda - Mengatasi masalah longsor yang terjadi di Jalan Pattimura, Kelurahan Mangkupalas, Samarinda Seberang. Pemerintah Kota Samarinda mengadakan Rapat Koordinasi dengan berbagai instansi di Gedung Aula Kantor Kecamatan Palaran Jalan Ampera, Kelurahan Rawa Makmur, Palaran, Selasa pagi (15/09/2020) pukul 10.00 WITA.

Kegiatan tersebut dihadiri dari Pemerintah Kota Samarinda itu sendiri, yang diwakili oleh Asisten II, Komisi III DPRD Kota Samarinda, Dishub Samarinda, BPBD Samarinda, Dinas PUPR prov Kaltim serta dari beberapa perusahaan yang beroperasi di kawasan Palaran dan Samarinda Seberang.

Rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Asisten II ini, menerima masukan-masukan saran dan kritik dalam menangani masalah longsor tersebut, serta mendengar beberapa hasil kajian dari BPBD Samarinda dari sudut Ilmu Geologi. Dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut juga disinggung, lambannya Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam menanggapi longsor ini.

“Kami kecewa masalah longsor lambat ditangani oleh pihak pemerintah provinsi, sudah berbulan-bulan belum ditangani, masalah longsor ini masih belum luar biasa, mereka mempunyai kekuasaan, kewewenangan, gunakanlah untuk kepentingan masyarakat,” ucap Anhar.

“Seharusnya mereka yakni Pemerintah Provinsi merasa malu, dengan langkah-langkah yang kami ambil dalam menangani masalah longsor,” tegas Anhar.
Foto : Anhar anggota komisi III DPRD kota Samarinda
Anhar yang juga Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda menambahkan “Untuk mengatasi masalah longsor perlu sinergi dengan perusahaan-perusahaan yang ada disekitar Palaran dan Samarinda Seberang, baik dari bantuan alat, ide. Yang mana dalam pelaksanaannya tetap dikoordinator oleh OPD Dinas PUPR Pemerintah Provinsi,”

“Selama proses penanganan longsor ini, perlu dicarikan akses alternatif bagi masyarakat agar tidak terlalu jauh, paling tidak kendaran motor bisa lewat,” ucapnya

Selanjutnya pimpinan Rapat Asisten II Pemkot Samarinda juga menambahkan dalam pembangunan kota Samarinda tidak hanya pemerintah kota ataupun Provinsi, tetapi semua elemen masyarakat juga harus ikut dalam pembangunan kota Samarinda, terlebih saat mengalami musibah seperti longsor ini, semua harus bersatu padu termasuk perusahaan dalam penanggulangan longsor ini.

Ada beberapa perusahaan yang siap membantu baik berupa alat, maupun ide atau saran. Diantara perusahaan tersebut yang siap membantu yakni yang hadir pada saat rapat, Perusahaan NCI, IPC dan Teluk Bajau.

“Diharapakan dalam seminggu sudah bisa dibersihkan, sehingga bisa di akses kembali oleh masyarakat,” tegasnya.


Penulis : Fajrien
Editor : Santi Dwi Lestari


×
Berita Terbaru Update