Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Memperihatinkan, Tingkat Kematian Kasus Covid-19 di Kalimantan Timur diatas Rata-rata Nasional

Minggu, 06 September 2020 | 5:23:00 AM WIB Last Updated 2020-09-08T07:52:38Z


Ilustrasi

Koranelektronik.com, Samarinda - Memasuki gelombang II sebaran virus Corona di Kalimantan Timur semakin bertambah dan meluas. Bahkan belum ada tanda-tanda wabah virus Corona ini akan berakhir.

Berdasarkan data infografis Covid-19 Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur per tanggal 5 Agustus 2020 jam 12.00 WITA, jumlah yang telah terkonfirmasi sudah mencapai 4.943 kasus dengan jumlah yang meninggal 207 kasus.

Dari data tersebut, persentase tingkat kematian kasus Covid-19 di provinsi Kalimantan Timur diperkirakan sudah diatas rata-rata persentase nasional, dimana untuk saat ini tingkat kematian kasus Covid-19 provinsi Kalimantan Timur sekitar 4,2%.

"Kondisi ini sangat memperihatinkan, apabila tidak diikuti dengan upaya pencegahan yang maksimal, yang harus dikerjakan oleh kita semua terutama oleh komponen masyarakat yang ada, untuk memastikan bahwa kasus ini benar-benar bisa kita cegah, bisa kita lawan, tentunya untuk bisa menekan terjadinya penularan ini,”  ucap Andi Muhammad Ishak pada video conference Sabtu (05/09/2020).

Ishak juga menambahkan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini perlunya peningkatan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan, tidak cukup hanya himbauan dan edukasi, tetapi juga sepertinya harus ada tindakan-tindakan hukuman secara sosial atau sanksi-sanksi lainnya.

Andi Muhammad Ishak selaku juru bicara Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kaltim berharap agar masyarakat bisa disiplin dalam mematuhi standar protokol kesehatan Covid-19 dengan jaga jarak, memakai masker yang baik dan benar, cuci tangan pakai sabun, dan hindari kerumunan banyak orang, serta mengkonsumsi makanan yang seimbang, untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dikutip dari situs Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, dr.Hj. Padilah Mante Runa, M,S.i MARS menyampaikan bahwa "yang terpenting dalam penanggulangan Covid-19 adalan 3T (Trading, Testing, treatment), dalam upaya testing peningkatan kapasitas pemeriksaan LAB PCR pada UPTD labkes dan RSUD. AWS, dengan menambah masing-masing 1 unit PCR, sedangkan upaya treatment menyiapkan seluruh rumah sakit sebagai rumah sakit perawatan kasus covid-19," tegasnya.

Penulis : Fajrien
Editor : Santi Dwi Lestari

×
Berita Terbaru Update