Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Patut Dicontoh, Masyarakat Produktif dalam Mempertahankan Kebutuhan Pangan

Jumat, 04 September 2020 | 6:49:00 PM WIB Last Updated 2020-09-04T11:08:50Z



Foto : Foto Bersama Kapolresta & Komandan Kodim 0901 Samarinda, Ketua Komisi 1 DPRD bersama Jajaran Pemerintahan dan Warga RT 25 Bumi Rindang Luhur Samarinda

Koranelektronik.com, Samarinda - Ditengah cuaca pagi hari yang sedikit mendung, dilaksanakanlah kegiatan panen dan tebar bibit tanaman di Kampung Tangguh Nusantara Bukit Rindang Luhur, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Loajanan Ilir, pada Jumat pagi(04/09/2020).

Kegiatan ini diprakarsai oleh Polresta Samarinda dan didukung Kodim 0901 bersama dengan warga masyarakat yang ada di Kampung Tangguh Nusantara Bumi Rindang Luhur khususnya RT 25.

Kegiatan ini di hadiri, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, Komandan Kodim 0901/Samarinda Kolonel Inf. Oni Kristiyono Goendong, Ketua Komisi 1 DPRD Kota Samarinda Joha Fajal, Camat Loajanan Ilir, Lurah Harapan Baru, Ketua LPM Harapan Baru dan Ketua PKK Harapan Baru.

Dalam sambutannya, Sunarto yang merupakan Ketua RT 25 Kampung Tangguh Nusantara Bumi Rindang Luhur mengatakan sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan kader-kader kampung tangguh yang sudah mengadakan kegiatan ini dan saat ini telah memetik hasilnya walaupun belum secara serempak.

Ditambahkannya, hasil dari kebun sayur mayur, intinya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga dilingkungan ini. 

Selain menanam palawija dan sayur mayur, ada juga budidaya ikan lele dan ikan nila yang sudah menjual dalam waktu satu tahun ini.

"Alhamdulillah, sudah bisa mencukupi lauk pauk, sayur mayur dan kebutuhan lainnya," imbuhnya.
Foto: Secara simbolis panen dan tanam seledri oleh Kapolresta, Dandim 0901 Samarinda dan warga RT 25 Rindang Luhur
Dalam kesempatan ini, Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman, juga menyampaikan sambutanya Arif mengharapkan dengan adanya kampung tangguh ini, semua bisa terhindar dari Covid-19. 

"Masyarakat disini sangat tangguh dan alhamdulillah, sampai saat ini, masyarakat disini tidak ada yang terkena Covid-19," ucapnya.

Ia berpesan, agar masyarakat di kampung ini tidak boleh sombong dan tidak boleh takabur dan berusaha terhindar dari segala macam baik gangguan kamtibmas dan pandemi Covid-19.

Arif menambahkan bahwa Pemerintah dalam hal ini Pemkot dan Kepolisian sangat mensupport kampung-kampung yang sudah dibentuk untuk menggiatkan ketahanan pangan guna melindungi masyarakatnya.

Sementara itu, Bildan, warga RT.25 yang juga koordinator Blok Tanam merasa senang karena tanaman yang ada bisa tumbuh dan menghasilkan.

"Saya senang sekali tanaman yang kami tanam sudah menghasilkan. Itu semua berkat semangat dan kerjasama warga kami didukung oleh Polresta Samarinda," ujarnya.

Tanaman yang sudah bisa dipanen kali ini adalah seledri, bayam, dan kangkung. Sedangkan jagung, cabai, terong, kacang panjang, sawi dan jeruk masih dalam tahap pertumbuhan dan belum cukup waktu untuk dipanen.

Pada akhir kegiatan, Kapolresta Samarinda dan Komandan Kodim 0901/Samarinda berserta unsur pemerintahan lainnya secara simbolis melakukan panen sayur seledri dan melakukan tebar benih kangkung dan sawi di lahan yang sudah disiapkan.
Foto: Tebar benih sayur mayur secara bersama

Penulis : Yohannes Benny H.L
Editor.   : Santi Dwi Lestari
×
Berita Terbaru Update