Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Pemberdayaan Masyarakat Kampung KB Kencana Berseri dalam Meningkatkan Kualitas Hidup

Kamis, 24 September 2020 | 4:59:00 AM WIB Last Updated 2020-09-23T20:59:06Z


Foto : Barkati saat memberikan sambutan pada acara pemberdayaan Kampung KB di Sempaja Utara

Koranelektronik.com, Samarinda - Dalam rangka mewujudkan kampung yang berkualitas serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kampung. Kelurahan Sempaja Utara mengadakan pembinaan bercocok tanam pada hari Rabu (23/09/2020) pukul 14.00 WITA.

 

Kegiatan ini diadakan di Kampung KB Kencana Berseri jalan Batu Cermin Gg H.Fathan RT 06 Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Walikota Samarinda M. Barkati, Lurah Sempaja Utara,  Camat sekaligus sebagai ketua PKK kelurahan Sempaja Utara, serta warga setempat.

 

Barkati dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah sangat mendukung kegiatan seperti ini, dan untuk kedepannya diupayakan semoga anggaran untuk dana kelurahan bisa ditambah. Bahwa progam pembinaan pemberdayaan masyarakat itu sangat efektif dan bisa bermanfaat bagi masyarakat  kita, jadi kedepan insaya Allah, dana kelurahan akan kita tambah sehingga program-program yang menjadi pemberdayaan masyarakat bisa lebih bermanfaat.

 

“Dalam bercocok tanam ada ilmunya, bagaimana caranya agar bisa menghasilkan tanaman atau buah-buahan yan baik, subur dan bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

 

Dalam acara tersebut sebagai pengisi materi di isi oleh Nanda Ginanjar seorang praktisi hidroponik dan Sarminto wakil Kelompok Tani wilayah Samarinda Utara.

Dalam pemaparannya Nanda menjelaskaan keuntungan budidaya tanaman buah dengan sistem tambulampot.

“Dengan sistem tambulampot kita bisa memanfaatkan lahan yang sempit, perawatannya pun mudah, serta tidak merusak bangunan disekitar,” ucapnya.

Nanda juga menambahkan dengan sistem tambulampot, hara yang dibutuhkan bisa optimal dan penggunaan pupuk pun lebih efesien, dengan budidaya tanaman buah ini menjadi sumber gizi dan serat bagi kita, serta dapat menjadi sumber penghasilan.

 


Sarminto juga menjelaskan dalam isi materinya lebih mengedepankan pupuk organik, yang bahan dasarnya dari sayur-sayuran atau buah-buahan yang sudah tidak layak dikonsumsi. Serta menyampaikan bahwa pH air di Kota Samarinda umumnya kurang bagus untuk berkebun, jadi perlu proses tambahan.

 

Rape, selaku Ketua Kampung KB Kencana Berseri berharap agar dikampungnya diberikan bimbingan lebih lanjut, bagaimana cara bertanam yang baik, karena rata-rata ditempat kami bekerja sebagai petani, ungkapnya.

 

Acara tersebut sebelumnya telah di isi beberapa rangkaian kegiatan pada pagi harinya dimulai dari pembinaan kepada remaja/PIK Remaja yang disampaikan dari BKKBN kota Samarinda.

 

Yang mana tujuan PIK Remaja untuk memberikan informasi penyiapan kehidupan bekeluarga bagi remaja, pendewasaan usia perkawinan,serta keterampilan hidup.

 

Penulis : Redaksi Samarinda

Editor : Santi Dwi Lestari

 

 

×
Berita Terbaru Update