Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Perlunya Edukasi Bagi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Selama Pandemi COVID-19

Kamis, 17 September 2020 | 5:52:00 AM WIB Last Updated 2020-09-16T21:52:11Z


Foto : Para peserta saat mengikuti seminar digital parenting via zoom

Koranelektronik.com, Bontang - Saat ini banyak orang tua mengalami kendala dalam mendampingi anak saat belajar di rumah selama pandemi covid-19. Dalam hal ini relawan TIK menggandeng Diskominfo Kota Bontang beserta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Bontang mengadakan webinar melalui aplikasi zoom Rabu sore (16/09/2020).

Dalam kesempatan ini menghadirkan narasumber kepala Diskominfo Kota Bontang Drs. Dasuki, M.si serta Trully Tisna M,S.Psi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Bontang.

Banyaknya permasalahan yang terjadi dalam mendampingi anak selama belajar secara online dari sinyal, kuota, tidak adanya handphone, prilaku anak murid, dan waktu orang tua dalam membagi tugas, serta banyak orang tua yang belum memahami teknologi dalam mendampingi anak saat belajar online.

Dalam menanggapi permasalahan yang dihadapi, Diskominfo kota Bontang lebih memfokuskan kepada apa yang sudah dilakukan yakni memberikan pemanfaatan era digital kepada semua lini, termasuk di dunia pendidikan, dalam hal kaitannya belajar online ini pemerintah sudah memberikan paket pulsa gratis, serta membangun beberapa titik wifi gratis di kawasan pesisir.

Dasuki juga menambahkan dalam era digital ini perlu perhatian khusus orang tua terhadap anaknya, terlebih saat pandemi covid-19 sekarang, dimana sistem pembelajaran dilakukan secara online.

Selanjutnya Trully menegaskan “Ada positif dan negatif nya jika pembelajaran dilakukan secara online, positifnya orang tua dapat memberikan perhatian dan dukungan yang lebih banyak terhadap anak, meningkatnya komunikasi antar orang tua dengan anaknya," imbuhnya.

"Kalau dilihat dari sudut negatif nya, akan menimbulkan permasalahan baru yang belum ada sebelumnya seperti pertengkaran antar orang tua dengan anak, atau pertengkaran antar pasangan,” tegasnya.

Lanjut Trully, banyak ragam masalah yang ditemui dilapangan selama belajar dirumah, baik dari segi anaknya maupun orangtua , dalam mengatasi masalah ini perlu sinergi antara orang tua, guru, serta dari pihak sekolah dalam membimbing anak-anak dalam belajar di rumah.

“Orang tua harus bisa menceritakan dan menanamkan kepada anak bahwa belajar itu tidak harus membaca buku literatur saja, tetapi mengenal dan memahami hal-hal baru di luar sekolah juga termasuk belajar,” ucapnya.

Penulis : Fajrien
Editor : Santi Dwi Lestari
×
Berita Terbaru Update