Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Seniman Boneka, Gatot Soenjoto Tutup Usia

Sabtu, 12 September 2020 | 1:04:00 PM WIB Last Updated 2020-09-12T05:04:13Z


Gatot Soenjoto Tutup Usia (Foto: Google)

Koranelektonik.com - Dunia seni Indonesia tengah berduka, lantaran Seniman boneka Gatot Soenjoto meninggal dunia pada Sabtu (12/9/2020).

Kabar meninggalnya Gatot Soenjoto beredar lewat pesan singkat di WhatsApp pada hari ini. Sang seniman dikabarkan menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 01.45 WIB.

"Inalillahi wa innaillaihi raji'un. Telah pulang ke Rahmatullah Bapak Gatot Soenjoto dengan sangat tenang dan penuh damai pada pk 01.45 WIB. Hari Sabtu 12 September 2020," isi pesan singkat tersebut.

Keluarga memohon doa dari masyarakat dan kerabat buat Gatot Soenjoto.

"Mohon dimaafkan segala kekhilafannya, dan mendapatkan Maghfiroh dari Allah SWT," harap pihak keluarga.

Jenazah Gatot Seonjoto kini tengah berada di rumah duka di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur.

Gatot Soenjoto dikenal sebagai seniman boneka Tongki. Ia juga pernah menjadi personel band di tahun 80-an. Lelaki yang akrab dipanggil Pak Gatot tersebut, amat disukai anak-anak pada masa dirinya aktif sebagai seniman boneka. Karena, ia kerap menampilkan aksi kocak bersama boneka Tongki.

Sosok Gatot Soenjoto juga dikenal sebagai ahli ventriloquisme, yaitu kemampuan berbicara tanpa menggerakan bibir. Ventriloquisme juga dikenal sebagai keterampilan berbicara dari perut.

Gatot Soenjoto diketahui sangat serius dalam mendalami ventriloquisme. Bahkan, untuk kemampuan yang satu ini, ia rela belajar hingga ke New York, Amerika Serikat, sekitar tahun 1974.

Di era yang sama juga, dia diketahui aktif sebagai personel band Los Morenos Restoran Ramayana. Sosok Michael Tannen disebut Gatot Soenjoto sebagai gurunya.

Gatot Soenjoto lahir di Malang 28 Agustus 1940 dan meninggal di usia 80 tahun. Sebelum meninggal sang maestro disebut sempat mengidap demam.

(MRD/KE)
×
Berita Terbaru Update