Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Tak Cuma Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak, Ternyata Banyak Manfaat Lain dari ASI

Kamis, 03 September 2020 | 3:20:00 PM WIB Last Updated 2020-09-03T07:28:01Z



Koranelektronik.com- Bermacam sumber yang mengatakan anak yang mengonsumsi air susu ibu (ASI) akan tumbuh lebih cerdas. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi dan formula di dalam ASI mampu meningkatkan kecerdaskan anak.

Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur menerangkan bahwa beberapa nutrisi dalam ASI seperti AA DHA, omege 3, omega 6 dan lainnya bisa membantu kecerdasan anak.

"Walaupun untuk menjadikan anak pintar tergantung dari genetik nutrisi, stimulasi dan pola asuh, memang nutrisi yang baik bisa membantu. Seperti protein alfa laktalbumin, lemak, AA DHA, omega 3, omega 6, phospholipid, zat besi, yodium, dapat membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan anak. Semua nutrisi tersebut ada di ASI terutama pada  6 bulan pertama. Oleh karena itu, anak yang mendapatkan ASI terutama di 6 bulan pertama membuatnya lebih pintar," ujarnya.

Dilansir dari Healthline, ASI juga memiliki banyak manfaat baik untuk para ibu. Ibu yang menyusui memiliki resiko stres dan kanker yang lebih rendah dibandingkan yang tidak. ASI juga memberikan segudang manfaat seperti berikut :

1. Meningkatkan Berat Badan Bayi

Menyusui disebut mampu meningkatkan berat badan yang sehat dan mengurangi resiko obesitas pada masa kanak-kanak. Pasalnya, perkembangan bakteri pada usus bayi berbeda-beda. Bayi yang mendapatkan ASI biasanya memiliki jumlah bakteri baik yang lebih tinggi, yang dapat memengaruhi penyimpanan lemak. Bayi yang diberikan ASI  memiliki lebih banyak leptin dalam sistemnya dari pada bayi yang diberikan susu formula. Adapun leptin yang fungsinya untuk mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak.

2. Mencerdaskan Bayi
Banyak penelitian menunjukkan adanya perbedaan dalam perkembangan otak bayi yang diberi ASI. Bayi yang di susui memiliki skor kecerdasan lebih tinggi dan cenderung tidak mengalami kesulitan belajar sering bertambahnya usai. Adapun nutrisi dan gizi yang terkandung dalam ASI yang memberikan efek positif dalam kecerdasan.

3. Melengkapi Nutrisi Anak
Banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan untuk memberi ASI eksklusif setidaknya 6 bulan karena itu bisa membantu bayi untuk berkembang dan tumbuh secara optimal

Nah bagi para Bunda yang sedang lagi menyusui ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah, sayur, daging segar, serta kacang-kacangan
×
Berita Terbaru Update