Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Tanaman Hias Penyerap Racun Rokok dan Racun Udara Lainnya

Kamis, 17 September 2020 | 10:59:00 AM WIB Last Updated 2020-09-17T02:59:59Z


Beberapa tanaman hias penyerap racun ( Foto : Istimewa)

Koranelektronik.com, Bukan hanya mempercantik ruangan beberapa tanaman hias juga mempunyai beberapa manfaat yang luar biasa. Apa saja?

1. Spider Plant (Chlorophytum comosum)


Tanaman hias yang berasal dari afrika yang kini tersebar diseluruh penjuru dunia ini memiliki ketinggian yang mencapai 60 cm. Tanaman hias ini terbukti mampu menyerap benzena, karbon monoksida, formaldehida, xilena, bahan kimia industri karet serta pecetakan.

2. Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)


Tanaman ini mampu menetralisir berbagai macam racun yang ada diudara. Diantaranya adalah nikotin, karbon monoksida, formaldehide, trichloroethylene, benzene hingga dioksin. Dan bahkan, hanya dengan lima helai daun 'lidah mertua' dewasa mampu menyerap dan membersihkan racun ruangan seluas 100 m3.

Tanaman ini mempunyai kemampuan mengubah CO2 menjadi oksigen dengan baik di malam hari. Pastikan ada sinar matahari untuk tanaman cantik ini.

3. Sirih Gading (Epipremnum aureum)


Tak hanya senyawa benzena, tanaman sirih belanda juga mampu menyerap senyawa formaldehida.
Tanaman hias ini berasal dari keluarga Araceae, merupakan tanaman hias yang berasal dari Australia, Indochina, Jepang, Malenesia, India dan China.

4. Lidah Buaya (Aloe vera)


Tanaman yang sering digunakan sebagai penyembuh luka, penyubur rambut dan sekarang ini mulai dikembangkan sebagai bahan farmasi, industri kosmetik serta makanan-minuman kesehatan ini ternyata juga memiliki kemampuan sebagai penyerap polutan.

Lidah buaya terbukti mampu menetralisir formaldehida, formalin, racun benzena serta berbagai macam bahan kimia lainnya.

5. Gerbera


Bunya yang satu ini sangat tidak asing untuk dijadikan hiasan rumah. Ternyata, dibalik bentuknya yang cantik, gerbera mampu ,menyerap 90 persen asap rokok dan gas polutan lainnya.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu menghasilkan uap air yang dapat membuat udara di ruangan menjadi semakin segar.

×
Berita Terbaru Update