Iklan

Iklan

Work From Home Bikin Mata Lelah? Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Senin, 07 September 2020 | 2:11:00 PM WIB Last Updated 2020-09-07T06:11:27Z
Ilustrasi Work From Home (foto: Google)


Koranelektronik.com - Bekerja dari rumah memang terkesan lebih santai. Namun, hal ini juga berdampak pada kesehatan mata karena mata akan lebih sering menatap layar computer mau pun handphone, yang menyebabkan mata kering, gatal, sakit kepala di sekitar mata, hingga mata kemerahan.

Agar mata tetap sehat, ikuti beberapa tips berikut dilansir dari Boldsky.
    1. Ambil Jeda

Setelah menatap layar computer maupun handphone dalam jangka waktu panjang, Anda bisa mengambil istirahat 4-5 menit untuk merileks-kan mata. Alih-alih mengganggu produktivitas, cara ini justru akan membantu Anda tetap focus.

2. Sesuaikan Pencahayaan

Cahaya yang terlalu terang bisa membuat mata tegang sehingga menimbulkan rasa sakit. Hal yang sama juga berlaku bagi cahaya yang terlalu redup. Maka dari itu, gunakan lah pencahayaan yang tdiak terlalu terang dan tidak terlalu redup.

3. Posisi Layar

Tak bisa dipungkiri, kerjadi dari rumah membuat anda bebas bekerja dimana pun termasuk di sofa bahkan kasur. Namun, demi mencegah masalah pada mata, sebaiknya tempatkan laptop sekitar 30 derajat di bawah garis lurus mata (eye level).

Trik ini akan menurunkan tekanan pada mata juga mencegah leher dan pundak di posisi posisi membungkuk dalam waktu lama.

4. Filter Layar

Gunakan filter cahaya pada layar computer maupun handphone untuk membantu mengatur intensitas cahaya, agar mata tetap dalam keadaan nyaman.

5. Perbesar Huruf

Huruf yang lebih besar dapat mengurangi ketegangan pada mata. Jika ukuran huruf cukup besar, Anda tak perlu berusaha keras memusatkan focus pada deretan huruf dilayar anda.

6. Sering Berkedip

Tanpa disadari, orang jarang berkedip saat membaca atau mengetik. Hal ini dapat menyebabkan mata kering, gatal dan mengganggu penglihatan. Anda di sarankan untuk mengedipkan mata setidaknya 10-20 kali dalam satu menit.

7. Ajak Mata Berolahraga

Olahraga mata baik dilakukan agar otot mata menjadi kuat dan mencegah kemungkinan penyakit mata seperti miopi dan astigmatisma.

Anda cukup menjauhkan mata dari layar setiap 20 menit sekali. Lalu, focuskan mata pada objek sejauh 6 meter selama 20 detik. Hal ini akan membuat mata lebih rileks dan mencegah mata menjadi lelah.


(MRD/KE)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Work From Home Bikin Mata Lelah? Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Trending Now

Iklan